Apa yang Dimaksud Dengan .net?

.net adalah domain tingkat atas yang juga dikenal sebagai TLD. .net berasal dari kata network. .net pada awalnya dikembangkan untuk perusahaan yang terlibat dalam teknologi jaringan. Kini .net menjadi salah satu nama domain terpopuler yang digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia untuk meluncurkan bisnis secara online.

Sejarah Rinci .net

John Postel, editor Request for Comment (RFC) pada tahun 1994.

Pada tahun 1994, Jon Postel membuat gambar pemetaan domain tingkat atas Internet dengan tangan. Foto oleh Irene Fertik, USC News Service. ©1994, USC.

.net merupakan salah satu domain tingkat atas awal (kelima domain lainnya adalah .com, .edu, .gov, .mil, dan .org) yang diterapkan pada bulan Januari 1985.

Sebelum TLD ini diperkenalkan, Internet merupakan suatu proyek yang sebagian besar dikerjakan oleh universitas dan para pakar komputer yang menggunakan jaringan untuk tujuan penelitian dan komunikasi. Namun, seiring dengan maraknya individu yang mulai menggunakan jaringan ini, komunikasi elektronik pun menjadi semakin sulit dikelola. Ada kalanya, saat beban email menjadi sangat berat, pengguna diminta untuk menghentikan penggunaan sambungannya.

Seiring dengan meningkatkan kebutuhan akan sistem yang teratur, Jon Postel beserta rekannya di USCIS (University of Southern California’s Information Sciences Institute) diberi tugas untuk mencari penyebab kekacauan ini dan menemukan solusinya.

Sebagai editor untuk publikasi Request for Comments (RFC), sebuah media publikasi penelitian yang dikelola oleh IETF (Internet Engineering Task Force/Gugus Tugas Rekayasa Internet) dan Internet Society, Postel dan rekannya di USCIS menerbitkan RFC 920 pada bulan Oktober 1984, menjelaskan “persyaratan pembuatan domain baru dalam komunitas penelitian ARPA-Internet dan DARPA.”

Pernyataan kebijakan ini kemudian menentukan tahapan kemunculan .net dan kelima domain tingkat atas lainnya, menjadikan Internet seperti yang kita ketahui saat ini.

Fakta Menarik Tentang .net

Pada tahun 1985, Nordic Infrastructure for Research & Education, gabungan kerja sama para peneliti bidang pendidikan dari Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia, mendaftarkan alamat domain .net pertama, www.nordu.net.

Dengan sekitar 13,6 juta pendaftaran, .net memiliki basis zona terbesar ketiga setelah .com dan .de.

www.realestate.net dijual seharga $300.000 pada bulan Februari 2007, sehingga termasuk dalam daftar lima domain .net dengan nilai jual tertinggi.

Lihat fakta selengkapnya tentang .net >

Peran Verisign dalam .net Saat Ini

Operator registri mendukung nama domain. Verisign telah mengoperasikan infrastruktur untuk portofolio domain tingkat atas yang saat ini mencakup .com, .net, .tv, .edu, .gov, .jobs, .name, dan .cc, serta dua dari 13 server akar Internet di dunia. Sebagai operator registri untuk .net serta domain tingkat atas lainnya, Verisign mengarahkan pengguna ke situs mana pun yang ingin mereka kunjungi di Internet.

Dengan rata-rata 195 miliar pencarian DNS yang dilakukan setiap hari, layanan Internet Verisign harus tetap dapat beroperasi tanpa henti. Untuk memungkinkan kondisi ini, kami telah merancang infrastruktur canggih untuk memenuhi berbagai permintaan yang rumit dalam jumlah besar secara real-time. Layanan ini mencakup beragam perangkat keras, sistem operasi, perangkat perantara, aplikasi kustom, dan berbagai penyedia daya maupun penyedia jaringan, serta sejumlah perlindungan lainnya.

Dengan pengalaman selama lebih dari 21 tahun dalam mengoperasikan infrastruktur sejumlah besar domain tingkat atas, dan dua dari 13 server akar Internet di dunia, Verisign terus beroperasi secara maksimal, dengan berupaya memenuhi komitmen dalam menghadirkan inovasi yang diperlukan guna mengatasi kebutuhan di masa mendatang, sekaligus memenuhi kebutuhan saat ini.