Cara Mendorong Keberhasilan Usaha Melalui Pencitraan Pribadi

Cara Mendorong Keberhasilan Usaha Melalui Pencitraan Pribadi

Dalam kondisi pasar yang sangat sosial dewasa ini, merek yang Anda kembangkan untuk usaha Anda mungkin bukan satu-satunya merek yang mempengaruhi usaha Anda. Para pengusaha menyadari bahwa diri mereka semakin terhubung ke usaha mereka, dan mengembangkan merek pribadi diri mereka secara online bisa membantu menjaring dan melibatkan prospek baru, menyampaikan pesan utama, dan meningkatkan kredibilitas usaha mereka. Merupakan suatu hal yang umum bagi calon pelanggan dan mitra untuk mengaitkan persepsi diri mereka terhadap pemimpin usaha ke dalam usaha itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa kiat-kiat untuk membantu Anda mulai mengembangkan merek pribadi Anda beserta dengan merek usaha Anda:

Define your personal brand

1. Definisikan Merek Anda

Keputusan terpenting dalam pencitraan merek pribadi adalah mencari tahu apa yang ingin Anda persepsikan atau kenalkan bagi para pelanggan, dan bagaimana hal tersebut bisa berkaitan dengan usaha Anda. Misalnya, apakah Anda ingin menampilkan nilai-nilai, pengetahuan atau atribut utama tertentu? Semakin Anda bisa memfokuskan diri pada sudut pandang yang unik dan berbeda, semakin baik. Tujuannya adalah untuk membedakan diri Anda dari rekan-rekan yang lain dan memberikan suatu wawasan tentang kepemimpinan pemikiran dalam industri terkait, namun tetap terasa otentik dan menawarkan nilai bagi para pelanggan Anda.

Setelah Anda memiliki gagasan tentang arah ke mana Anda ingin membawa merek pribadi diri Anda, pastikan untuk mendaftarkan suatu nama domain, atau alamat web, yang merefleksikan arah merek pribadi diri Anda. Pada akhirnya, nama domain tersebut akan mewakili diri Anda secara online. Mendaftarkan nama pribadi Anda merupakan cara yang aman dan unik, namun nama domain yang bersifat deskriptif bisa menyampaikan merek pribadi Anda dengan lebih baik (dan juga lebih mudah untuk diingat). Anda juga perlu memilih ekstensi nama domain (bagian setelah “dot” [titik]) yang bersifat kredibel dan diakui dengan baik, sehingga bisa mendukung merek pribadi diri Anda.

Choosing the right personal branding platform

2. Pilih Kendaraan yang Tepat

Anda perlu memutuskan apakah platform media sosial yang tersedia sudah cukup untuk menyampaikan pesan Anda, atau apakah fleksibilitas dan kendali yang disediakan oleh situs web pribadi merupakan cara yang lebih baik. Beberapa orang mengambil kesimpulan bahwa kedua hal tersebut diperlukan untuk memberikan dampak maksimal terhadap kesadaran orang lain pada merek pribadi dan usaha mereka. Jika Anda memilih untuk menggunakan platform media sosial, Anda bisa memanfaatkan alamat web pribadi yang Anda pilih pada langkah 1 dengan mengalihkan, atau “mengarahkan” alamat web tersebut ke halaman media sosial Anda, sehingga alamat web tersebut bisa memasarkan halaman Anda.

Consistency in personal branding messages

3. Konsisten dalam Pemberian Layanan Anda

Salah satu tantangan terbesar pada efektivitas merek pribadi sama dengan tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan atau merek produk Anda: konsistensi. Seperti halnya merek-merek perusahaan yang kuat, merek pribadi yang kuat juga perlu memilih beberapa prinsip dan pesan inti secara saksama, dan menggunakannya secara konsisten dalam seluruh aspek eksekusi merek terkait. Konsistensi juga berlaku pada ikatan yang diciptakan oleh merek pribadi Anda terhadap merek usaha Anda. Meskipun Anda tidak akan langsung memasarkan produk perusahaan Anda melalui platform pencitraan merek pribadi, Anda bisa membuat keterkaitan secara tersembunyi melalui blog, posting pada media sosial, dan konten lainnya yang terkait dengan merek pribadi dan merek perusahaan Anda.