Cara untuk Online

Mengapa Harus Online

Jika Anda memiliki usaha kecil, manfaat yang diperoleh dari status online jauh lebih besar dibandingkan status tercantum sebagai hasil pencarian di web.

Punya ide di benak Anda? Periksa ketersediaan nama domain Anda.

Apakah Anda tahu bahwa 91 persen konsumen mencari barang dan jasa setempat secara online?1 Dan 56 persen konsumen tidak percaya pada bisnis tanpa kehadiran situs web?2

Sebagai pemilik usaha kecil di dunia yang bergantung pada web dewasa ini, menciptakan “eksistensi online” merupakan hal yang penting bagi keberhasilan perusahaan Anda secara keseluruhan. Dan hal ini juga berlaku bagi bisnis yang telah sukses beroperasi secara offline. Terkejut? Studi yang dilakukan akhir-akhir ini menunjukkan bahwa penelitian online merupakan faktor penting yang mendorong lalu lintas pengunjung ke toko fisik – dengan perkiraan penjualan sebesar $1,409 triliun dolar pada tahun 2014.3 Dan angka ini belum menyertakan penjualan e-commerce secara langsung!

Terlepas dari apakah perusahaan Anda menawarkan produk dan layanan secara tradisional atau modern, ada satu hal yang bisa dipastikan - tidak memiliki eksistensi online bisa memberikan dampak negatif bagi merek, reputasi, dan pendapatan usaha kecil secara keseluruhan . Statistik menunjukkan bahwa bisnis yang secara aktif terlibat dengan pelanggan secara online bisa mencapai pertumbuhan 40 persen lebih cepat.4

Ada lima manfaat utama dari penetapan eksistensi secara online:

Pemilik usaha kecil berpikir untuk meng-online-kan usahanya

Peningkatan Penjualan

Jika perusahaan Anda memiliki situs web e-commerce, maka bisnis Anda terbuka selama 24 jam dalam sehari, memungkinkan pelanggan dan calon pelanggan berbelanja dan melakukan pembelian kapan saja.

Memperkuat Kredibilitas Anda

Survei yang dilakukan akhir-akhir ini mengungkapkan bahwa konsumen dan pemilik usaha kecil percaya bahwa situs web membuat suatu perusahaan tampak lebih kredibel. Selain itu, ulasan online pada situs web dan blog ulasan yang populer bisa meningkatkan citra merek Anda, yang mempromosikan perusahaan Anda sebagai pelaku usaha profesional yang terpercaya.

Lebih Banyak Peluang Pemasaran

Dengan Internet, Anda memperluas pasar Anda secara instan ke berbagai konsumen dalam jumlah yang tak terbatas. Dan Anda bisa melakukannya dengan cara yang lebih hemat biaya dibandingkan dengan cara-cara tradisional sebelumnya.

Komunikasi Secara Instan

Anda tidak perlu melakukan panggilan telepon, mengirimkan surat resmi atau mencetak brosur yang mengkilap untuk memberi tahu dunia tentang produk terbaru dari perusahaan Anda. Anda bisa memberitahu para pengunjung situs tentang tawaran baru dan berita perusahaan terkait dengan segera apabila Anda online.

Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Mendapatkan jawaban atas pertanyaan dan penyelesaian masalah yang cepat merupakan hal yang penting bagi klien perusahaan. Sebagai contoh, konsumen bisa dengan mudah mengakses informasi terkait tentang bisnis Anda, mengambil jawaban dari bagian Pertanyaan Umum, atau mengirimkan email/menghubungi layanan pelanggan setiap saat. Dengan online, Anda bisa tetap berhubungan secara efektif dengan pelanggan yang ada, sehingga menghasilkan tingkat retensi klien yang lebih tinggi.

Menciptakan eksistensi online sebenarnya lebih sederhana daripada yang Anda ketahui selama ini. Ada beberapa pilihan berbeda yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan Anda setiap saat, seperti email bisnis perusahaan Anda, pengalihan ke halaman media sosial, atau membuat situs web. Tentu saja, fleksibilitas ini sangat bermanfaat karena memungkinkan Anda untuk membangun eksistensi online bisnis Anda dengan kecepatan yang Anda inginkan.

Anda bisa segera memulai membangun eksistensi online Anda... Bacalah artikel kami dengan topik Pilihan untuk Membangun Eksistensi Online.

1 Survei usaha kecil Verisign tahun 2013
2 TechCrunch. Dengan Lebih dari 15M Situs Web yang Dibuat, Weebly Meluncurkan Perencana dan Editor Mobile Baru, Menghadirkan Layanan Pembuatan Situs Web ke Android, (3 Mei 2013).
3 Forrester Research, U.S. Prakiraan Ritel Online, 2009 Hingga 2014, (November 2010)
4 Penelitian BCG tahun 2012