Cara untuk Online

Situs Web atau Jejaring Sosial?

Halaman media sosial dan situs web bisa menjadi cara yang efektif untuk meng-online-kan bisnis Anda. Pelajari kelebihan dan kekurangan dari setiap opsi yang ada untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Punya ide di benak Anda? Periksa ketersediaan nama domain Anda.

Bisnis yang secara aktif terlibat dengan pelanggan secara online bisa mencapai pertumbuhan 40% lebih cepat. Setelah Anda mendaftarkan nama domain perusahaan Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membangun eksistensi online bisnis Anda. Dua opsi yang populer adalah 1) mengalihkan atau meneruskan nama domain Anda ke halaman bisnis media sosial yang bertindak sebagai situs web sementara atau 2) membuat dan meluncurkan situs web bisnis.

Mari kita bahas setiap metode yang ada untuk mulai mempertimbangkan pilihan Anda:

Media Sosial

Jika Anda mencari cara yang cepat untuk mengimplementasikan dan mendapatkan manfaat langsung dari eksistensi online Anda, salah satu teknik yang sederhana adalah dengan mendaftarkan alamat web Anda melalui nama domain, dan mengalihkannya ke halaman media sosial Anda. Metode ini (juga disebut sebagai penerusan domain) memungkinkan Anda untuk memiliki alamat Web bisnis yang menawarkan kredibilitas dan kemudahan saat mempromosikan eksistensi online Anda – jauh lebih baik daripada mengatakan “ikuti saya di Facebook.”

Ada banyak platform multimedia yang bisa Anda manfaatkan saat menggunakan media sosial dalam membangun eksistensi online Anda, seperti Facebook, Google+, LinkedIn, Pinterest, Instagram, dan YouTube.

Kelebihan:

  • Cepat dan gratis – mudah untuk membuat profil perusahaan dan sebagian besar platform tidak mengenakan biaya atas profil tersebut.
  • Tanpa komitmen/Komitmen yang rendah – jika platform media sosial Anda sudah tidak sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menghapus halaman dengan mudah atau beralih ke penyedia layanan baru setiap saat.
Memutuskan strategi media sosial bisnis Anda

Secara global, jumlah bisnis yang mengalihkan lalu lintas kunjungan ke situs web Facebook mereka meningkat sebesar 25% per tahun.

  • Keterlibatan – akses ke lebih dari satu miliar calon konsumen, yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan mudah dan membantu membina hubungan dengan konsumen.
  • Branding merek – pelanggan akan bisa mengetahui lebih banyak tentang nilai-nilai bisnis, misi dan tujuan Anda, yang akan memelihara loyalitas dan membangun merek perusahaan.

Kekurangan:

  • Kurangnya kendali/kepemilikan – syarat dan ketentuan penyedia media sosial mengendalikan konten dan promosi apa yang boleh ditampilkan. Pertimbangkan juga apa yang bisa terjadi jika penyedia layanan menutup situs/menghentikan penyediaan layanan mereka dan media sosial ini merupakan satu-satunya eksistensi online Anda.
  • Pembatasan kreativitas – situs web media sosial menawarkan tata letak rancangan web yang terbatas.
  • Forum terbuka – situs web ini menyediakan forum terbuka bagi konsumen untuk menyuarakan tanggapan dan keluhan mereka, yang memerlukan pemantauan situs secara lebih intensif.
  • Pelaporan/alat yang terbatas - tingkat pelaporan dan fitur yang tersedia seringkali kurang bila dibandingkan dengan suatu situs web, dan terbatas pada apa yang diberikan oleh situs media sosial.

Saran terbaik dalam memulai membangun eksistensi online Anda dengan media sosial adalah untuk tidak mencoba menguasai semua hal sekaligus. Mungkin lebih baik bila Anda mulai dengan 1 atau 2 platform media sosial yang bisa mencapai target konsumen Anda. Ingatlah untuk mendaftarkan akun atau mengklaim profil merek Anda di semua situs/platform yang ingin Anda gunakan di masa depan untuk menghindari kerancuan. Dan bila Anda menggunakan lebih dari satu situs media sosial, cobalah gunakan alat manajemen seperti Hootsuite yang bisa menghemat waktu Anda untuk memperbarui semua akun media sosial yang tersedia.

Situs Web

77 persen1 usaha kecil mengatakan bahwa situs web merupakan alat pemasaran online yang paling efektif untuk menciptakan kesadaran dan memperkuat hubungan dengan pelanggan, lebih baik dari alat pemasaran online lainnya.

Dengan berbagai pilihan yang tersedia untuk membuat situs web bisnis Anda, baik yang menggunakan layanan berbayar dan yang gratis, sekarang lebih mudah untuk membuat situs web profesional yang berkualitas tinggi untuk menampilkan produk dan layanan Anda, dan untuk membangun merek Anda dalam bentuk yang bisa Anda kendalikan.

Kelebihan:

  • Hemat biaya - ada berbagai pilihan yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga yang mahal. Situs web gratis, tergantung pada anggaran dan kebutuhan bisnis Anda, mungkin bisa menjadi awal yang baik untuk memulai karena beberapa di antaranya dibuat untuk digunakan oleh pengguna non-teknis dengan menggunakan template, sehingga Anda hanya perlu mengklik saja untuk membuat situs web baru.
Mendapatkan situs web bisnis
  • Kredibilitas – konsumen mencari situs web Anda, terlepas dari apakah Anda memilikinya atau tidak. Dalam suatu survei yang dilakukan baru-baru ini terhadap jutaan konsumen, 56% peserta survei mengatakan bahwa mereka tidak percaya pada bisnis yang tidak memiliki situs web.
  • Kendali/kepemilikan penuh – ada berbagai pilihan tentang cara menggunakan dan menyajikan situs web Anda. Walaupun Anda memutuskan untuk tidak membuat situs web kustom dan menggunakan alat pembuat situs web dengan template, alat bantu yang tersedia masa kini menawarkan banyak fitur kustomisasi, sehingga Anda bisa melakukan personalisasi situs web Anda dengan mudah.2
  • Fleksibilitas branding merek dan promosi yang lebih besar – Anda bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dan penjualan kepada pelanggan Anda. Situs web tidak hanya memiliki ruang yang lebih besar untuk memasarkan bisnis Anda; tetapi juga lebih banyak cara pemasaran, seperti video, ulasan pelanggan, blog, tawaran promosi khusus, dll.
  • Pengurangan biaya overhead – sebagian besar konsumen lebih memilih untuk mendapatkan informasi bisnis secara online, dan hal tersebut bisa mengurangi biaya administrasi dan operasional Anda.
  • Ketersediaan setiap saat - perusahaan bisa mempromosikan bisnis dan memasarkan produk dan layanan mereka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, di manapun di seluruh dunia.

Kekurangan:

  • Pemeliharaan - tergantung pada ukuran situs web Anda, menyesuaikan konten situs dengan informasi terkini mengharuskan Anda meluangkan waktu dan usaha ekstra.
  • Peningkatan kompleksitas - situs web dengan rancangan dan fungsionalitas yang lebih rumit kemungkinan besar akan membutuhkan investasi waktu dan uang dalam jumlah yang lebih besar.

Unduh daftar periksa kami yang akan membantu Anda dalam proses pembuatan situs web.

1 Constant Contact. "Keterlibatan Pelanggan Menjadi Fokus Utama Teknologi Usaha Kecil, Menurut Survei Technology Pulse dari Constant Contact."
2 TechCrunch. “Dengan Lebih dari 15M Situs Web yang Dibuat, Weebly Meluncurkan Perencana dan Editor Mobile Baru, Menghadirkan Layanan Pembuatan Situs Web ke Android.”