.com
Standar Online Global

Apa yang Dimaksud Dengan .com?

Dapatkan wawasan tentang riwayat dan tujuan awal .com

Apa yang dimaksud dengan .com

.com diperkenalkan sebagai salah satu TLD (top-level domain/domain tingkat atas) saat Sistem Nama Domain pertama kali diterapkan untuk digunakan di internet pada Januari 1985. Pada awalnya, .com dibuat untuk menunjukkan tujuan “komersial” dari suatu situs web. Namun kini, .com telah menjadi pusat dari revolusi digital yang mengubah cara kerja, kehidupan, hiburan, dan komunikasi seseorang dengan keluarga dan teman-temannya.

Sejarah Rinci .com

John Postel, editor Request for Comment (RFC) pada tahun 1994.

Pada tahun 1994, Jon Postel membuat gambar pemetaan domain tingkat atas Internet dengan tangan. Foto oleh Irene Fertik, USC News Service. ©1994, USC.

.com pertama kali diklaim pada tanggal 15 Maret 1985 oleh produsen komputer Symbollics, Inc. Sebelumnya, Internet merupakan suatu proyek yang sebagian besar dikerjakan oleh universitas dan para pakar komputer yang menggunakan jaringan untuk tujuan penelitian dan komunikasi. Seiring maraknya individu dan lembaga yang mulai menggunakan jaringan tersebut, komunikasi elektronik pun menjadi semakin sulit dikelola. Mengetahui cara merutekan pesan secara manual melalui gateway menjadi salah satu bentuk seni, dan seiring dengan semakin padatnya lalu lintas surel (email), pengguna kadang-kadang diminta untuk berhenti menggunakan sambungannya.

Perlunya prinsip pengelolaan menjadi semakin jelas seiring dengan semakin banyaknya entitas yang terhubung ke internet yang sedang berkembang. Jon Postel bersama rekannya di Information Science Institute, University of Southern California membuat keteraturan untuk dunia yang semakin kacau ini.

Postel menjadi editor Request for Comment (RFC) pada tahun 1969. Sebagai editor RFC, Postel bersama rekannya membentuk internet sebagaimana yang kita ketahui saat ini. Pada Oktober 1984, RFC 920 "tentang persyaratan pembuatan domain baru dalam komunitas penelitian ARPA-Internet dan DARPA" diterbitkan, yang kemudian tahapan lahirnya.com.

Meskipun kita mengetahui bahwa .com pertama dimiliki oleh symbolics.com pada tanggal 15 Maret 1985, namun asal-usul munculnya .com masih kurang jelas. Menurut Craig Partridge, kepala ilmuwan di Raytheon BBN Technologies, nama untuk domain berevolusi seiring dengan pembuatan sistem ini. Pada awalnya, domain yang diajukan untuk perusahaan adalah .cor, namun diubah menjadi .com pada saat versi akhir diluncurkan.

Jack Haverty, pelopor Internet di MIT, mengatakan bahwa mereka tidak terlalu memikirkan soal bisnis saat mengembangkan domain tingkat atas tersebut. "Menurut saya, .com awalnya berasal dari kata "company", bukan "commercial." .com tidak diartikan sebagai tempat "usaha" yang dikunjungi konsumen untuk membeli sesuatu," tulisnya dalam email. "Namun perusahaan yang menangani kontrak kerja pemerintah. Internet tidak disewakan untuk menghubungkan perusahaan, melainkan jaringan prototipe perintah dan kendali militer, yang diciptakan oleh entitas pendidikan dan pemerintah, beserta kontraktor." Namun mereka sepertinya mengerti bahwa dunia komersial akan turut memanfaatkannya.

"Saya tidak ingat apa ada yang pernah membayangkan bahwa kami sedang menciptakan struktur organisasional untuk merangkul ratusan juta entitas di planet ini dalam mendukung semua aktivitas penghuninya. Dan tentunya tidak ada yang mengira ini akan bertahan lebih dari 30 tahun, meskipun hanya sebagai bahan percobaan. Semua terjadi begitu saja."

- Jack Haverty, Pelopor Internet

Peran Verisign dalam .com

Setiap nama domain didukung oleh suatu operator registri. Sebagai operator registri untuk .com, Verisign memberdayakan navigasi tak kasat mata yang akan membawa pengguna ke tempat yang mereka inginkan di internet.

Dengan rata-rata 77 miliar pencarian DNS yang dilakukan setiap hari, dan bahkan dapat melampaui angka tersebut pada puncaknya, layanan internet Verisign harus beroperasi tanpa henti. Untuk memungkinkan kondisi ini, kami telah merancang layanan canggih dari dasar hingga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permintaan yang rumit dalam jumlah besar secara real-time. Layanan ini mencakup beragam perangkat keras, sistem operasi, perangkat perantara, aplikasi kustom, dan berbagai penyedia daya maupun penyedia jaringan, serta sejumlah perlindungan lainnya.

Selama lebih dari 15 tahun, Verisign telah mengoperasikan infrastruktur untuk portfolio domain tingkat atas yang saat ini mencakup .com, .net, .tv, .edu, .gov, .jobs, .name, dan .cc, serta dua dari 13 server akar internet di dunia. Komitmen kami adalah memastikan bahwa infrastruktur yang didukung Verisign selalu beroperasi secara maksimal untuk memungkinkan inovasi yang diperlukan dalam menjawab kebutuhan mendatang, sekaligus memenuhi kebutuhan saat ini.